Mengenal Wisata Bukit Jamur Kalimantan Barat


Kali ini kita akan membahas salah satu tempat wisata di Kalimantan Barat yang cukup eksotis yaitu Bukit Jamur. Bukit ini terletak di daerah Kabupaten Bengkayang. Dari pengalaman saya, bukit jamur adalah tempat yang sangat menakjubkan dimana kita bisa melihat lautan awan di puncak bukit ini. Bukit Jamur ini bukan berarti bentuknya seperti jamur. Bukit ini memiliki tinggi yang mencapai 500 mdpl dan dapat dilalui oleh pendaki selama 2-3 jam.

Bukit Jamur ini merupakan salah satu bukit yang memiliki keindahan yang mirip dengan Mahameru di Jawa Timur. Bukit Jamur bisa di katakan sebagai Mahamerunya Kalimantan Barat. Bukit Jamur terletak di Desa Belangko, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia tidak jauh dari kota Singkawang.


Untuk menuju ke sana kalian bisa mengedarai sepeda motor maupun mobil, namun untuk menuju ke puncak bukit anda haruslah mendaki. Tempat parkir kendaraan masih belum di sediakan di sana namun anda bisa menitipkan kendaraan di pemukiman di dekat bukit.

Keindahan alam saat kalian menuju puncak Bukit Jamur juga tidak kalah indahnya. Pada saat kalian menuju bukit banyak hal yang sangat indah karena tempat ini memang sangat masih asli kesegaran udara dan pemandangannya. Tempat yang hijau akan menyegarkan pikiran kalian.

Untuk menikmati keindahan dari Puncak Bukit Jamur bukanlah hal yang mudah, karena untuk mendaki bukit ini kalian harus benar-benar mempersiapkan fisik dan perlengkapan saat menuju puncak bukit. Bagi kalian yang hobi mendaki tentu saja hal ini sangat menyenangkan, namun ada juga yang hobi fotografer namun tidak hobi dengan mendaki mungkin hal tersebut hal yang berat baginya. Di Bukit Jamur jika kalian benar-benar ingin merasakan keindahannya waktu yang diperlukan kurang lebih 2 Jam jika di hitung dari lereng bukit menuju puncak.



Namun jika kalian ingin merasakan sensasi bagaimana keindahan awan saat matahari terbit seperti Mahameru kalian harus berangkat sebelum matahari terbit untuk melihat lautan awan yang sangat indah dan jarang sekali bisa mendapatkan moment tersebut, hanya di bukit jamur kalian bisa melihat keindahan terasa di atas awan. Maka dari itu tidak jarang pendaki menginap di puncak gunung dengan bekal tenda dan makanan seperlunya untuk merasakan kehangatan matahari terbit dan dikelilingi awan di sekitarnya.

Tidak hanya di pagi hari, kalian juga bisa merasakan keindahan alam waktu malam hari dengan hamparan bintang di langit saat berada di puncak dan kelap kelip lampu yang ada di pemukiman warga. Kalian juga dapat merasakan kesunyian saat berada di sini, jauh dari kota yang penuh dengan lalu lalang kendaraan. Di sana kalian juga bisa belajar bagaimana orang-orang pada zaman dahulu hidup, tanpa penerangan sekalipun (jika ingin merasakannya).



Untuk pergi ke sana sebaiknya kalian mengajak orang yang sudah berpengalaman dan membawa teman-teman agar liburan di Bukit Jamur akan lebih terasa menyenangkan, Pemkalianngan pada saat di puncak, kalian bisa melihat gunung-gunung dan pemukiman dan banyak lagi seperti lembah, sawah dan lain-lain. Banyak yang mengatakan jika melihat dari atas bukit semua akan menjadi indah. Semua dihiasi dengan kehijauan alam yang membentang di sekitar Bukit Jamur.

Namun sangat di sayangkan masih ada dari pendaki yang tidak bertanggung jawab pada saat berada di Bukit Jamur, salah satu buktinya adalah terdapat sampah yang seharusnya tidak berada di sana. Sangat di harapkan kepada kalian yang hobi mendaki, khususnya di Bukit Jamur untuk tidak membuang sampah di sana. Mari kita jaga bersama-sama kebersihan dan keindahan alam yang telah di berikan kepada kita ini, agar keindahan dapat dinikmati dari generasi ke generasi berikutnya.


Itulah sekilas dari tempat Wisata Bukit Jamur Kalimantan Barat yang dapat saya sampaikan. Selamat berpetualang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar